Kerangka Acuan Kerja
Kerangka Acuan Kerja
Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan
Halodoc
A. Latar Belakang
Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain karena agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari tetapi juga dapat tubuh kita juga menjadi bugas. Tetapi zaman sekarang, seseorang sangat sulit untuk menjag kesehatannya karena aktivitas atau jadwal yang padat.
Selain kesehatan, ada hal lain yang harus diperhatikan juga, yaitu teknologi informasi. Saat ini, teknologi dapat dikatakan sebagai tolak ukur modern sebuah kota atau kehidupan bermasyarakat. Selain menjadi tolak ukur, teknoologi informasi juga mempermudah kehidupan seseorang.
Dengan menggabungkan kedua hal tersebut, dapat menciptakan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan kehidupan manusia untuk tetap menjaga kesehatan di tengah aktivitas yang padat. Konsultasi secara secara langsung dengan jadwal kerja yang hampir setiap harinya sangat memiliki banyak kekurangan, dengan teknologi informasi hal tersebut dapat diatasi. Hal lainnya adalah ketika ingin membeli obat atau ingin mengecek kesehatan tetapi terjebak disituasi yang tidak memungkinkan, teknologi informasi juga dapat menangani masalah tersebut.
Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi informasi, maka solusi semacam itu harus diterapkan.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dari Aplikasi ini ialah:
- Mengembangkan aplikasi mobile untuk menghubungkan pelayanan medis (dokter, obat, dan uji lab) dengan pasien secara cepat.
Tujuan dari Aplikasi ini ialah:
- Memudahkan pasien untuk menjangkau pelayanan medis (dokter, obat, dan uji lab) secara cepat dan flexible dalam hal tempat.
- Memudahkan pasien untuk menghubungkan antar pelayanan medis (dokter memberi resep dan obat bisa langsung dibeli atau hasil uji lab yang bisa langsung disampaikan ke dokter).
C. Sasaran
Tersedianya aplikasi mobile yang dapat menghubungkan pasien dan pelayanan medis secara cepat dan flexible secara geografis.
D. Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
Halodoc
E. Sumber Pendanaan
Sumber dana proyek:
- Investor Rp.50.000.000,00
- Pengadaan Server Rp. 50.000.000,00
- Oracle Database Rp. 1.700.000,00
Tenaga Ahli
- Project Manager 1 orang Rp. 27.000.000,00
- System Analyst 2 orang x Rp. 21.000.000,00 = Rp. 42.000.000,00
- Progammer 3 orang x Rp. 13.500.000,00 = Rp. 40.500.000,00
- Database Administrator 2 orang x Rp. 15.000.000,00 = Rp. 30.000.000,00
- Quality Assurance 2 orang x Rp. 7.000.000,00 = Rp. 14.000.000,00
- Trainer 2 orang x Rp. 6.000.000,00 = Rp. 12.000.000,00
Total pendanaan adalah Rp. 267.200.000,00
F. Lingkup, Lokasi, Fasilitas, dan Alih Pengetahuan
1. Lingkup kegiatan
- Menyusun dokumentasi yang diperlukan secara lengkap meliputi :
- User Manual Aplikasi
- Mengembangkan modul-modul aplikasi.
- Pengembangan basis data pendukung.
- Pengadaan server.
- Testing dan evaluasi aplikasi.
Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Halodoc.
3. Fasilitas
Oleh pengguna jasa :
- Konsumsi
- Koneksi internet
- Perangkat keras
- Tempat penggerjaan
- Pelaporan kegiatan
Penyedia jasa akan memberikan petunjuk cara penggunaan aplikasi dan memberikan pelatihan khusus kepada administrator untuk memenuhi kebutuhan alih pengetahuan.
G. Metodologi
Metodologi yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC) tipe waterfall.
Selain itu metodologi yang digunakan mencakup ke-7 objektif basis data, yakni :
- Kecepatan dan kemudahan (speed)
- Efisiensi ruang penyimpanan (space)
- Keakuratan (Accuracy)
- Ketersediaan (Availability)
- Kelengkapan (Completeness)
- Keamanan (Security)
- Kebersamaan pemakaian (Shareability)
H. Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini ± 90 hari (Sembilan puluh) sesuai dengan hari yang ada pada kalender. Tahapan – tahapan seperti yang dijelaskan sebelumnya, akan dilaksanakan dengan tambahan final testing untuk tes akhir yang akan dilakukan oleh end user.
I. Kualifikasi
- Mengerti pemrograman berbasis mobile dan web.
- Mengerti pengolahan grafis atau desain untuk interface sistem.
- Mengerti manajemen keuangan dan pengelolaan dokumen berupa catatan maupun daftar barang-barang.
J. Tenaga Ahli
Berdasarkan lingkup pekerjaan yang ada, maka dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dengan spesifikasi sebagai berikut:
Ahli Manajemen Bisnis (Pemimpin proyek/project manager), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2.
Ahli Manajemen Bisnis (Pemimpin proyek/project manager), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2.
- Memimpin proyek agar sesuai dengan target.
- Merancang dan mengembangkan system agar sesuai dengan tujuan dan metodologi, serta kebutuhan pengguna dan tidak melanggar hukum yang ada.
Ahli Database Analyst (2 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
- Merancang database sesuai dengan metodologi yang digunakan.
- Merancang jaringan computer yang tepat, dapat menghandle banyak request, serta memiliki keamanan yang dapat diandalkan.
- Merancang web yang sesuai dengan kebutuhan.
Ahli Pemrograman mobile (4 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
- Merancang aplikasi mobile yang sesuai dengan kebutuhan.
- Melakukan uji kelayakan serta evaluasi dari aplikasi yang ada.
K. Keluaran
- Perangkat lunak aplikasi.
- Dokumen lengkap.
- Program dengan source code.
- Manual Teknis.
- SOP dan SMP.
- Instalasi aplikasi.
- Migrasi data.
- Pelatihan, pendampingan, garansi, pemeliharaan.
Laporan Pendahuluan, berisi :
- Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh untuk pembangunan sistem.
- Pengalihan sumber daya untuk tahap awal pembangunan sistem.
- Jadwal kegiatan harian.
Laporan Mingguan, berisi :
- Aktivitas yang dilakukan masing-masing anggota tim.
- Masalah yang dihadapi beserta solusinya.
- Tingkat kesuksesan progress.
- Laporan Pendahuluan.
- Laporan Mingguan.
- Dokumentasi yang terkait dengan proyek.
Komentar
Posting Komentar